Thursday, June 28, 2018

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Rabu, 31/08/2016 | 15:55 WIB
Penyakit G



Sakit Gigi

Gigi adalah struktur kecil di dalam mulut manusia yang biasa kita gunakan untuk mengoyak, mengikis, memotong dan mengunyah makanan. Sakit gigi merupakan suatu gejala yang dapat timbul ketika terkena bermacam-macam rangsangan. Beberapa keluhan yang biasa dikemukakan pasien bersifat subjektif dan bervariasi berupa keluhan gatal, ngilu, sakit yang kadang-kadang timbul jika ada rangsang seperti dingin atau panas, dan sakit yang berdenyut-denyut.

Tanda dan Gejala Sakit Gigi

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat
Keluhan sakit yang dikemukakan oleh setiap individu bersifat subyektif, yaitu ngilu, nyeri yang kadang timbul atau berdenyut. Rasa sakit merupakan mekanisme pertahanan tubuh dan timbul apabila ada jaringan yang rusak. Mekanisme rasa sakit berawal dari rangsang berbahaya yang diubah menjadi impuls rasa sakit sampai persepsi sakit gigi, dimana impuls rasa sakit dihantarkan melalui impuls serabut saraf. Untuk mengatasi sakit gigi dapat diberikan obat-obatan pereda rasa sakit atau analgesik, tetapi sebagian masyarakat justru menggunakan cara tradisional untuk mengatasi sakit gigi, salah satunya dengan melakukan kumur air garam.
Gigi sensitif merupakan masalah yang bisa ditemukan sehari-hari. Keluhan ngilu atau rasa sakit dirasakan tidak hanya karena gigi terkontak dengan minuman atau makanan yang dingin, tetapi juga oleh penyebab seperti udara/angin pada saat membuka mulut.

Penyebab Sakit Gigi

Ada berbagai macam penyebab sakit gigi, yaitu:
  • Gigi berlubang
  • Tumbuh gigi baru
  • Gigi retak
Gigi berlubang di sebabkan oleh :
  • Sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi, terutama yang manis, dapat menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tumbuh
  • Bakteri-bakteri di gigi akan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan pelindung gigi sehingga akhirnya akan membuat gigi berlubang

Cara Mencegah Sakit Gigi

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, berikut adalah cara mencegah sakit gigi yang bisa kalian lakukan, yaitu:
  1. Kurangi konsumsi gula
  2. Gosok gigi 2x sehari dan berkumur
  3. Periksa gigi secara berkala tiap 6 bulan
Pengobatan sakit gigi dilakukan menggunakan asam mefenamat atau kalium diklofenak.
Ditinjau oleh: dr. Danny Darmawan
Referensi:
  • Sutomo. 2010. Efektifitas Kumur Air Garam Terhadap Penurunan Nyeri Pada Penderita Nyeri Gigi. Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKES Dian Husada Mojokerto. Mojokerto.
  • Kirana Indrya. Penanganan dentin hipersensitif (Management of dentin hypersensitive). Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Hasanuddin. Makassar; 2015.
Disadur dari : www.sayasehat.id

No comments:

Post a Comment