Friday, June 29, 2018

Skizofrenia

Skizofrenia

Rabu, 21/02/2018 | 22:19 WIB
Penyakit S



Skizofrenia

Skizofrenia merupakan kumpulan gejala yang menganggu kejiwaan seseorang ditandai dengan gangguan pikiran dan persepsi. Selain itu, penderita juga dapat mengalami halusinasi dan delusi. Pengobatan membutuhkan waktu sehingga  memerlukan usaha  dan kesabaran dari berbagai pihak untuk menanganinya.

Penyebab Skizofrenia

Skizofrenia saat ini tidak diketahui pasti penyebabnya. Meskipun begitu, ada yang menghubungkan dengan faktor genetik, stress dan pengaruh gangguan kimia dalam tubuh.

Tanda dan gejala Skizofrenia

  1. Adanya halusinasi yang mengakibatkan perubahan persepsi yang tidak nyata dari berbagai macam indera. Misalnya mendengar suara-suara tertentu yang orang lain tidak dapat dengar, serta melihat melihat bayangan-bayangan teretntu
  2. Gangguan isi pikir dimana ada pemikiran yang salah akan satu hal dan sulit diluruskan. Misalnya gangguan pemikiran yang paranoid seperti dikejar-kejar seseorang atau merasa seperti terus-menerus mengalami hal aneh dalam hidup.
  3. Gangguan emosi.
Beberapa pasien skizofrenia menunjukkan adanya perubahan cara pengelolaan emosi, sehingga penderita dapat tertawa atau merasa sedih tanpa alasan yang jelas.
  1. Gangguan proses pikir dimana ada gangguan terhadap pembentukan kata baru, serta memiliki pemikiran yang abstrak.

Kapan sebaiknya dilakukan konsultasi pada dokter?

Pasien yang mengancam keamanan masyarakat, pasien yang berpikir untuk bunuh diri, serta pasien yang gejalanya menganggu aktivitas sehari-hari sebaiknya segera mengunjungi dokter spesialis.

Cara menangani skizofrenia

Skizofrenia sebaiknya ditangani oleh dokter spesialis kejiwaan. Penanganan berupa pemberian obat antipsikotik, serta terapi CBT atau Cognitive Behaviour Therapy. Pada beberapa kasus, pasien terkadang tidak dapat dikontrol sehingga memerlukan penenang.
Daftar Pustaka
  1. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia.Konsensus penatalaksanaan gangguan skizofrenia.Jakarta:2013
  2. Amir N.Skizofrenia. Dalam: Elvira SD, Hadiskuanto G. Buku Ajar Psikiatri.Jakarta: Badan Penerbit FKUI;2010.p.170-95
  3. Pedoman penggolongan diagnosis gangguan jiwa . PPDGJ di Indonesia III.Jakarta: Departemen kesehatan RI.
  4. Rosani S, Diatri H. Skizofrenia. Dalam Lapita Selekta Kedokteran. Edisi ke 4.Jakarta.Media Aesculapis.2014

Disadur dari : www.sayasehat.id

No comments:

Post a Comment