Thursday, July 26, 2018

Pilek

Pilek merupakan penyakit ringan yang terjadi pada hidung, tenggorokan dan saluran pernapasan akibat serangan virus. Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Rhinovirus dan sering menyerang manusia. Rhinovirus adalah kelompok virus yang paling banyak menyebabkan pilek. Selain virus tersebut, penyakit pilek ini juga dapat di sebabkan oleh  coronavirus, adenovirus, virus parainfluenza manusia dan  virus  pernapasan syncytial . Pilek bukan merupakan penyakit yang buruk, namun merupakan penyakit yang paling umum dan sering ditemui. Pilek biasanya dapat menyerang anak-anak dan juga pertambahan waktu.
Penyakit pilek sering diikuti dengan peradangan tonsil atau amandel dan radang tenggorokan. Penularan penyakit pilek sangat mudah dilakukan orang dengan daya tahan tubuh (antibodi) yang mudah tertular penyakit ini. Penularan penyakit pilek ini dapat terjadi melalui percikan bersin atau ludah penderita yang menemukan virus dan masuk melalui saluran pernafasan.

Tanda dan gejala

Pilek biasanya ditandai dengan beberapa gejala dan biasanya muncul dengan salah satu dari beberapa jenis, salah satu bagian dari terpapar debu, seseorang menjadi bersin-bersin dengan paman tersumbat dan meler.
Namun pada umumnya, Anda dapat menemukan beberapa hal seperti: Hidung merasa gatal, hidung berair atau mengeluarkan cairan, seperti tersumbat, bersin, sakit pada tenggorokan, demam, mata berair mata gatal, batuk, nyeri di daerah wajah kebutuhan dasar, fungsi penciuman menurun . Mereka bisa melakukan semua hal yang terjadi pada usia remaja atau dewasa muda.

Cara mengobati pilek

Meskipun tidak ada penyakit yang berat, ini adalah susah diatasi dari seringnya kambuh. Perawatan yang bisa dilakukan hanya untuk meredakan masalah adalah cara mengobati pilek yaitu:
  1. Beristirahat dengan cukup
  2. Minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh
  3. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak.
  4. Gunakan dekongestan jika hidung mengeluarkan cairan terlalu banyak
  5. Minum banyak air putih untuk mengeluarkan cairan yang berasal dari zat yang terus-menerus mengeluarkan ingus atau badan yang sering berkeringat.
  6. Minum obat penurun panas jika tubuh demam

Pencegahan Pilek

Untuk mengetahui bahwa kita harus melakukan pilek terlebih dahulu untuk hal-hal apa saja yang membuat pilek muncul untuk bisa menghindarinya karena setiap orang bisa berbeda. Jika pilek tidak terlalu parah, obat-obatan anti alergi yang dijual bebas mungkin cukup untuk meringankan gejala-gejala yang muncul.
Untuk gejala yang lebih jelas, Anda mungkin perlu obat dari resep dokter. Jika anak-anak rinitis alergi, konsultasikan dengan dokter tentang perawatan yang terbaik. Namun untuk menghindari penyakit pilek perlu dilakukan lebih baik seperti:
  1. Rutin mencuci tangan sebelum makan
  2. Makan makanan yang bergizi
  3. Istirahat yang cukup
  4. Memakai masker
Daftar Pustaka
  1. Haddad GG. Fontan JP. Sistem pernapasan. Dalam kliegman RM, Stanton BM, Game J, Schor N, Dalam: Nelson: Buku teks pediatrik. Edisi KE -19. Philadelphia: Elsevier Saunders 2011.
  2. Naning r triasih R, Setyati A. Rinitis. Dalam; Rahajoe NN. Suproyatno B, Setyanto DB, Buku ajar repirologi anak. Edisi cetakan 2 Jakarta: Badan Penerbit IDAI 2010

Disadur dari : www.sayasehat.id

No comments:

Post a Comment