Thursday, July 26, 2018

Terong

Terong adalah tanaman yang mengandung banyak manfaat pada  tubuh kita. Terong dapat dimasak melalui berbagai cara. Terong dapat digoreng, ditumis, dipanggang, maupun dibakar langsung di atas api. Berbagai metode memasak ini digunakan karena terong adalah salah satu sayuran yang dapat menyerap bumbu rasa dengan baik, sehingga sajian yang dihasilkan pun akan menjadi lezat.
Terong memiliki nama ilmiah Solanum melongena. Pada umumnya, terong memiliki bentuk lonjong panjang, dengan kulit yang berwara ungu terang hingga ungu yang terlihat gelap. Isi terong yang normal memiliki warna putih dengan rasa yang empuk dan kenyal seperti daging.

Kandungan dan Manfaat Terong

Terong
1) Vitamin C
Terong mengandung banyak vitamin di dalamnya, terutama vitamin C. Vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan yang bekerja untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Vitamin C juga kaya akan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.
2) Vitamin A
Disamping vitamin C, terong juga kaya akan vitamin A. Salah satu manfaat vitamin A yang sudah diketahui oleh semua orang adalah menjaga kesehatan mata.
3) Nasunin
Disamping vitamin C, terong juga mengandung senyawa lain yang berguna sebagai antioksidan untuk tubuh. Senyawa tersebut adalah nasunin. Antioksidan yang dihasilkan nasunin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga risiko terjangkitnya penyakit pun akan menurun.
4) Antosianin
Terong sangatlah kaya dengan antioksidan. Antosianin pemberi warna ungu pada terong merupakan senyawa lain yang mengandung manfaat tersebut. Selain itu, antosianin juga berguna sebagai anti-peradangan, menjaga produksi enzim tubuh, serta memperkuat pertahanan jaringan-jaringan pembentuk tubuh dalam melawan radikal bebas.
5) Serat
Terong mengandung kadar serat yang tinggi. Serat memiliki fungsi utama untuk melancarkan proses pencernaan. Serat juga dapat mengurangi penumpukkan lemak yang berisiko menyebabkan kolestrol.
Selain itu, terong juga memiliki potensi untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi risiko hipertensi maupun risiko gula darah tinggi karena terong mendukung metabolisme gula di dalam darah.
Daftar Pustaka:
  • Das S, Raychaudhuri U, Falchi M, Bertelli A, Braga PC, Das DK. Cardioprotective properties of raw and cooked eggplant (Solanum melongena L). In: PubMed. Connecticut. 2011.
  • Noda Y, Kaneyuki T, Igarashi K, Mori A, Packer L. Antioxidant activity of nasunin, an anthocyanin in eggplant. In: PubMed.
  • Lila MA. Anthocyanins and Human Health: An In Vitro Investigative Approach. In: PubMed Central.

Disadur dari : www.sayasehat.id

No comments:

Post a Comment